Friday 10 August 2012

Sepuluh pintu setan datang menggoda


Sepuluh pintu setan datang menggoda

Setelah berlalunya bulan Ramadhan, kita wajib meningkatkan amal dan ibadah melebihi bulan ramadhan tersebut bukannya malah jalan ditempat bahkan mundur. Begitu juga dengan usaha memperkuat diri dengan integritas menghadapi segala hawa nafsu yang akan menggoda di depan mata. Nafsu untuk korupsi. Korupsi dalam hal ini bukan hanya korupsi yang besar-besar saja ya, tapi hal-hal kecil seperti terlambat dan tidak jujur pun termasuk korupsi. Kali ini aku mau sharing “Sepuluh pintu dimana setan mendatangi manusia” dan bisa jadi pintu dimana setan menggoda kita untuk melakukan korupsi.
1.       Ambisi dan buruk sangka
Ambisi yang berlebihan dalam hidup akan membawa kita kearah yang tidak baik bahkan lebih buruk dari sebelumnya. Misalnya ambisi mendapat jabatan yang tinggi, kita rela melakukan apapun untuk mendapatkannya termasuk menyuap para pejabat. Kemudian buruk sangka, seburuk-buruknya wajah orang lain belum tentu hatinya buruk juga.hehehe..ga boleh sembarangan tuduh orang klepto karena mukanya kayak orang susah. Ups,, buruk sangka banget itu. Ga boleh nuduh PNS baru udah korupsi karena setiap bulan ganti mobil baru. Curiga boleh.hehe.. yah mungkin aja kan dia anak orang kaya dari sananya makanya bisa gonta-ganti mobil semau udelnya die atau mungkin bapaknya punya showroom mobil kan. Bisa jadi tuh..

2.       Kecintaan kepada hidup dan panjang angan-angan
Jangan terlalu cinta sama kehidupan ini sampai-sampai ga rela kehilangan dan jangan terlalu berangan-angan yang kira-kira jalan kesana pun kamu belum mulai dari sekarang. Contohnya ga rela kalau laptop ilang(emang ga bakalan rela sih!) trus nyari cara gimana pun caranya supaya dibeliin yang lebih bagus sama ortu. Bohong dan kawan-kawannya kamu jadiin senjata andalan buat dapet laptop baru. Hmmm, ga banget tu. Korupsi dimulai dari bohong bahkan niat buat bohong! Angan-angan yang terlalu panjang alias jauh. Misal mau jadi pejabat yang anti korupsi tapi sekarang aja kamu udah mulai korupsi yang kecil-kecil. Semua dimulai dari yang kecil bos..

3.       Keinginan untuk santai dan bersenang-senang
Hidup santai ongkang-ongkang kaki, ga kerja, banyak uang mau apa aja tinggal bilang. Hmm enak banget ya kayanya tapi mustahil banget kalo kamu bukan anak orang kaya dari sononya atau engga kamu tiba-tiba nerima wasiat atau undian. Guys, be realistis yo..
Hidup enak kaya gitu Cuma di film. Aslinya kamu harus kerja giat buat dapetin itu semua. Tapi harus kerja yang ikhlas yah biar ga kepikiran buat korupsi.

4.       Bangga diri
Boleh berbangga tapi jangan berlebihan. Pokoknya apapun yang berlebihan itu ga baik. Terlalu bangga kalo kita cantik/ tampan,hmm tunggu 50 tahun lagi apa masih sama kayak sekarang? Sama sih Cuma ditambah sedikit keriput dan banyak suntikan botok.hohoho..
Bangga banget karena kita pintar?helloooo Allah aja yang ciptain seisi bumi ga segitunya. Ko kita baru bisa lulus STAN aja bangga berlebihan. Hati-hati ini kebanggaan itu bisa menjerumuskan diri sendiri lho.

5.       Sikap meremehkan dan kurang menghargai orang lain
Ini nih yang kadang secara ga sadar terjadi sama kita. Sikap yang kadang terlalu meremehkan orang lain dan sekalinya kita diremehkan hati sakit bahkan berniat korupsi untuk menunjukkan “derajat sosial” kita ga boleh diremehkan. Hmm ga bijaksana banget kalau kita mikir gitu. Makanya seburuk-buruknya orang dan sebaik-baiknya kita (hehe) tetap ga boleh saling meremehkan dan tidak menghargai. Karena pasti rasanya sakit banget kalau kita sampai diremehkan orang lain. oke!

6.       Dengki
Dengki, sirik, dan kawan-kawannya tanda kita tak mampu. Tak mampu ikhlas menerima rezeki dan takdir yang kita miliki bisa berakibat fatal lho guys! Pertama rezeki kita tidak akan ditambah oleh Allah s.w.t. dan kita bakal puter otak buat dapetin uang dari mana pun asalnya dan bagaimana pun caranya. Ini nih yang bahaya, bisa menjerumuskan kita ke kata-kata kotor “korupsi”.

7.       Riya’ dan keinginan untuk dipuji manusia
Pamer ini juga jadi salah satu pendorong kita untuk korupsi. Kenapa? Siapa sih yang ga kepengen punya uang banyak, rumah mewah, mobil canggih? Apalagi bisa dipamerin ke calon mertua..wuhuu makin keren deh kita. Ya tapi kalo cara ngedapetinnya pake korupsi, bukan pujian yang bakal kita dapet tapi cacian makian bahasa kebun binatang yang bakalan keluar dari mulut camer. Ujung-ujungnya boro-boro jadi camer yang ada si calon bakalan dijauhin dari kita. Iihhh ga mau kan?

8.       Kikir
Kikir bin pelit bin medit ini sifat yang paling banyak dibenci sama calon pendamping hidup kita. Hehehe.. gimana ga mau kikir, orang duit yang didapet bukan duit halal, alias hasil korupsi. Kalau dibelanjain takut ketahuan, kalau didiemin aja yah sayang. Apa gunanya punya banyak uang tapi ga bisa dipakai? Serba salah kan? Mending cari duit halal aja deh guys..

9.       Sombong
Kesombongan akan harkat dan martabat diri ini juga bakal buat kita jatuh. Gimana engga, kalo apa yang kita sombongin hasil dari korupsi. Nyuap pejabat biar naik pangkat, ngancem wajib pajak, main curang di proyek biar dapet bagian? Keren? Yah enggalha yang ada tiap malam tidur ga nyenyak takut ditangkep KPK. Masih sombong kalau ketangkep KPK, hmm gile aja lu!

10.   Tamak
Orang yang jalan kaki selalu pengen punya sepeda biar ga capek. orang yang punya sepeda pengen punya motor biar lebih ga capek. yang punya motor pengen punya mobil biar keren (yang ada jalanan makin penuh). Yang punya mobil 1 pengen punya 4 biar bisa gonta-ganti. Bosen pake mobil? Minta punya helicopter. Ini yang namanya tamak bin maruk bin rakus. Ga pernah puas sama apa yang kita punya. So, ikhlas, ridho, dan bersyukur guys! Mudah-mudahan kita dijauhin deh dari sifat ini biar ga kegoda untuk korupsi J

IIS SETIANI

No comments:

Post a Comment