Saturday 18 August 2012

Kaya Makin Kaya, Miskin Makin Miskin


Kaya Makin Kaya, Miskin Makin Miskin

            Kemarin kita telah memperingati Hari Ulang Tahun Indonesia tepat yang ke-67 tahun. Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia sudah merdeka dan bebas dari penjajahan. Namun, apakah benar begitu? Apakah saat ini Indonesia sudah sepenuhnya lepas dari penjajah?
            Dalam lingkup internasional Indonesia telah merdeka sejak diumumkannya Proklamasi Kemerdekaan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan tersebut adalah bukti usaha dan semangat juang yang tinggi dari seluruh rakyat Indonesia yang ingin membuktikan bahwa Kami Telah Merdeka dan Kami Memang Pantas Untuk Merdeka!!!

         Sekarang kita melihat dalam lingkup nasional, yaitu menilai Indonesia dari dalam Indonesia sendiri. Indonesia adalah negara yang kaya raya. Kaya akan budayanya, kaya akan bahasanya, kaya akan sumber daya alamnya, dan masih banyak lagi kekayaan lainnya. Yang paling buruk, Indonesia juga kaya akan koruptornya. Terdengar konyol kalau kita punya kekayaan tetapi untuk di korupsi. Jelas negara akan sangat rugi. Jika kondisinya seperti ini, Indonesia tidak akan bisa maju.
Banyak berita yang menayangkan banyaknya pejabat yang melakukan korupsi. Mereka-mereka adalah orang yang terlalu serakah dan kurang bersyukur. Padahal kalau dibandingkan dengan buruh tani, dari segi penghasilan jelas lebih besar pejabat. Sangat disayangkan jika mereka tetap melakukan korupsi dengan penghasilan yang seperti itu. Keadaan ini hanya akan memperlebar jurang pemisah antara si kaya dan si miskin. “Yang Kaya Akan Semakin Kaya, dan Yang Miskin pun Akan Semakin Miskin.” Dari sini, apabila kita ternyata Indonesia masih seperti itu, belum sepenuhnya merdeka.
Ø Bagaimana bisa rakyat hidup sejahtera, kalau yang kaya hanya memikirkan diri sendiri dan mulai tidak peduli.
Ø Bagaimana mungkin rakyat bisa bangga, kalau yang punya wewenang justru sewenang-wenang.
Ø Dan bagaimana jadinya sebuah negara, kalau sebuah larangan mulai menjadi tujuan.
Kita semua adalah generasi muda bangsa. Saatnya kita beraksi untuk negeri ini. Jangan pernah menunggu orang lain untuk memulai, karena perubahan itu bukan berawal dari orang lain, tetapi berawal dari diri kita sendiri. MERDEKA…INDONESIA !!!

-  Zainul Abidin -

No comments:

Post a Comment