Thursday 16 August 2012

67 Tahun, harus tambah berintegritas donk!


67 Tahun, harus tambah berintegritas donk!
Oleh : Ruli Firmansyah, Pendidikan

Berbicara mengenai integritas, tentu sering kita dengar. Begitu juga dengan pengertiaannya apakah itu secara bahasa maupun secara istilah. Akan tetapi disini saya akan mencoba untuk membawa para pembaca semua kepada suatu pedoman yang mengurusi mengenai seluruh alam semesta ini (Al Qur’an). Yang mana didalamnya berisi aturan aturan yang diwahyukan kepada orang yang paling Mulai, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Didalam Al Qur’an dalam surat As Saff (61) ayat  1 – 4 yang artinya
(1) Bertasbih kepada Allah apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (2) Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? (3) Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan. (4)Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.

Ya, itulah integritas, dari sudut penulis yang diambil dari Qur’an Surat As Saff (surat ke 61) ayat 2 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat?”
Dalam ayat tersebut integritas berarti melakukan apa yang ia katakan dengan dasar Iman.
Jadi Imanlah yang paling utama sebelum berintegritas.

Kemudian akan muncul pertanyaan, bagaimana jika kita tidak berintegritas atau saya katakan “Malas berintegritas” ?
maka ayat ketiga ini menjawab pertanyaan tersebut “ Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan.”

Yu, Mari sama sama kita mulai berintegritas. Karena, ketika kita berbicara INTEGRITAS atau BANGSA yang BERINTEGRITAS, maka itu harus dimulai dari yang kecil dulu. Ketika kita ingin membangun atau menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara yang Berintegritas, maka suatu Negara dibangun atas Provinsi – provinsi. Suatu Provinsi terdiri dari Kabupaten – Kabupaten / Kota. Suatu Kota terdiri dari Kecamatan – Kecamatan. SUatu Kecamatan terdiri dari Desa-Desa. Suatu Desa terdiri dari RW. RW terdiri dari RT. RT tediri dari Keluarga Keluarga. Dan Keluarga terdiri dari kita kita.

Teringat pesan AA Gym mengenai 3M. Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai Dari Sekarang. Mari kita budayakan Integritas.

Terratik dengan Ayat keempat “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”

Diayat tersebut disebutkan bahwa “dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”. Ya mudah mudahan, teman teman semua khususnya yang berkampus di Sekloah Tinggi Akuntasi Negara (STAN), dengan adanya SPEAK ini (Spesialisasi Anti Korupsi STAN) menjadikan suatu wadah yang dijadikan oleh semuanya sebagai  barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh untuk memberantas KORUPSI di Negeri ini sedikit demi sedikit.

Ya, Bila bangsa Indonesia, dulu, 67 Tahun yang lalu, mereka berjuang dengan Darah, tenaga, Keringat, dan Air Mata mereka, sehingga kita bisa merdeka seperti sekarang ini, tidak ada salahnya, kita untuk berjuang menjunjung tinggi INTEGRITAS sebagai wujud untuk mengikuti apa yang ada dalam Surat As Saff ayat 1 – 4 dan sebagai wujud untuk melanjutkan perjuangan Bung Karno dkk untuk memperbaiki negeri ini.
Akhir kata, saya tutup dengan Teks Proklamasi yang begitu ditunggu ditunggu oleh rakyat Indonesia 67 tahun yang lalu.


Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta

MERDEKA, MERDEKA

No comments:

Post a Comment