Saturday, 4 August 2012

MAHASISWA IDEAL

MAHASISWA IDEAL

Apa itu idealisme? Idealisme merupakan kompilasi dari dua kata. Kata ideal dan kata isme. Ideal artinya suatu keadaan yang sempurna dan isme merupakan sebuah paham atau prinsip hidup. Idealisme, yaitu suatu pegangan hidup yang kokoh dijaga agar tidak terpengaruh dan selalu berusaha diwujudkan untuk mendapatkan kepuasan diri sendiri ataupun kelompok, dapat juga diartikan sebagai suatu pemikiran bahwa seharusnya hidup terkondisi pada keadaan yang sebagaimana dibayangkan, agar semua yang dilakukan terasa benar dan sempurna bagi dirinya atau bagi kelompoknya. Idealisme seringkali dipersaudarakan dengan kritis berlebih, anarkisme, radikalisme, ekstrimisme dan artian-artian sebangsanya. Tidak heran idealisme menjadi sering disalahartikan dalam banyak ranahnya.
Ada yang menganggap idealisme itu adalah suatu pemikiran, ide, logika manusia yang jujur (murni) yang menuju kearah ideal atau seperti seharusnya. Jadi apakah salah menjadi idealis? Banyak orang berpikiran bahwa idealisme selalu bertentangan dengan realita. Tetapi apabila kita tinjau lebih dalam, tidaklah sepenuhnya seperti itu, karena dengan realita akan tercipta suatu idealisme atau sebaliknya. Jadi, idealisme dan realita merupakan sahabat yang saling membangun. Mungkin idealisme itu bertentangan dengan realita para koruptor, karena dengan segala kemudahan dan materi yang diinginkan para koruptor, mereka tidak menyetujui pemikiran yang idealis yang dapat merugikan mereka.
Idealisme dapat juga mengarah ke nasionalisme jika seorang idealis menginginkan negara dan bangsanya bersatu dan maju menjadi bangsa yang ideal. Para pahlawan kemerdekaan Indonesia merupakan sosok yang idealis, mereka dengan tegas  menantang  para penjajah, tidak mau disuap dan berkompromi dengan para penjajah yang sampai sekarang masih menjajah Indonesia secara tidak langsung melalui pengerukan dan pemanfaatan kekayaan alam Indonesia. Idealisme juga selalu diserukan mahasiswa saat berorasi. Sebagai agent of change dan social control, mahasiswa memerlukan idealisme untuk melaksanakan peranannya itu. Di dalam dunia akademis pun idealisme itu sangat penting untuk mempertahankan keilmiahan suatu penelitian, menciptakan kreatifitas dari pemikiran, ide, dan logika kita yang akan menuju ke arah ideal. Gaya atau jalan seorang idealis tidak harus keliatan “baik” atau “sempurna” walaupun arah dan tujuannya menuju kesempurnaan.
Pengertian dan makna idealisme memang luas. Idealisme itu sangat penting selama dijalankan dengan tidak egois dan arogan. Idealisme sebenarnya memang terdapat di berbagai aspek kehidupan karena memang pengertian idealisme adalah suatu pemikiran, ide, dan logika yang menuju ke arah ideal.
Sebagai seorang mahasiswa, tidak lengkap rasanya kalau tidak mempunyai satu sifat naluri idealisme. Idealisme muncul seiring dengan kedewasaan mahasiswa itu sendiri ditunjang dengan lingkungan kampus yang menjadikan mahasiswa mempunyai pendirian teguh di kala benar dan salah. Pendirian yang tidak tergoyahkan dan tidak mau mengalah satu sama lainnya itulah ciri idealisme.
Tetapi, yang perlu digarisbawahi disini adalah mahasiswa dengan idealisme yang dimaksud bukanlah mahasiswa yang mempunyai idealisme “ngawur” dan menerobos nilai-nilai kehidupan yang ada. Tidak dibenarkan sama sekali untuk idealisme yang menganggap dirinyalah yang paling benar, sementara orang lain yang tidak seperti dirinya dianggap salah. Ini berarti bahwa seorang yang idealis tetap harus bersikap terbuka dan menerima masukan-masukan dari orang lain selama masih dalam jalan yang benar.
Yang jelas, idealisme yang benar harus selalu tertanam kuat dalam diri setiap mahasiswa. Tidak cukup hanya diperankan selama berada di perguruan tinggi, tetapi juga harus dijunjung tinggi di dalam dunia kerja nantinya. Sudah bisa dipastikan bahwa kita akan menghadapi tekanan-tekanan yang besar dalam mempertahankan idealisme. Tekanan tersebut bisa berasal dari intern instansi kita sendiri ataupun pihak luar. Namun, demi cita-cita yang mulia, apa pun yang terjadi sekali idealis tetap idealis. Hidup mahasiswa !!!


Sigit Hidayat


No comments:

Post a Comment

Post a Comment